Rabu, 28 Oktober 2020
   
Ukuran Teks

Ballarat, pesona suasana koboi di Australia

"Jika anda tengah berkunjung ke Australia dan bosan dengan hiruk pikuk kota besar atau matahari pantai yang menyengat, Ballarat dapat menjadi alternatif tempat wisata yang edukatif dan menyenangkan."


Hal pertama yang terlintas di benak kita saat pertama mendengar wisata di Australia, mungkin yang tergambar di pikiran kita adalah Sydney Opera House, Harbour Bridge, atau pantai-pantai cantik yang bersih dan ramai dipadati turis. Namun diluar itu, masih banyak pesona lain di benua Kangguru yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Ballarat wisata oldies yang terletak tidak di tepi pantai. Lalu mengapa penting ditegaskan mengenai lokasinya yang tidak dekat dengan pantai? Maklum saja, persebaran populasi di Australia memang agak unik, dimana hampir 90% dari penduduknya bermukim merapat ke garis pantai. Sehingga wilayah daratan yang landlock tidak terlalu diperhatikan, terutama oleh turis.

Kota Ballarat
Saat ini Ballarat adalah salah satu tempat wisata paling populer di negara bagian Victoria. Berlokasi dua jam sebelah barat laut kota Melbourne, kota Ballarat bisa dicapai dengan menggunakan mobil pribadi atau kereta. Bagi pengunjung yang membutuhkan panduan, bisa juga mengikuti paket-paket tur yang ditawarkan oleh penyelenggara tur lokal. Harganyapun beragam, mulai dari AUD 100-150, yang telah mencakup ongkos transportasi dan tiket masuk tempat wisata. Jelas akan lebih murah jika pergi dengan kereta atau mobil pribadi.
Kota Ballarat terletak sekitar 115 km dari pusat kota Melbourne, atau sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kereta. Selayaknya negara persemakmuran Inggris, di berbagai lokasi di Australia, kota Ballarat sarat akan peninggalan tua bergaya aristokrat dan anglo saxon. Namun bagaimana dengan tambang emas tua yang dijadikan objek wisata? Ternyata dengan penanganan yang professional, tambang emas tua pun dapat menghidupkan satu kota menjadi objek wisata.

Tambang emas tua
Pada awal masa gold rush di abad ke-18, orang Australia menemukan emas di Ballarat dan penemuan tersebut menjadikannya salah satu tambang emas tersohor hingga ke seluruh dunia. Sejak itu, semakin banyak pendatang dari Eropa berdatangan ke Australia untuk mencari peruntungan menambang emas di Ballarat.
Tambang emasnya sendiri telah ditinggalkan oleh penambangnya dua abad yang lalu, namun pemerintah Australia tidak kehilangan akal untuk memanfaatkan lahan tersebut. Mereka membangun kota kecil dengan mempertahankan sejumlah bangunan di wilayah kota tua Sovereign Hill yang berada di sekitar tambang emas dan menjadikannya lokasi wisata.

Sovereign Hill
Saat melangkahkan kami ke Sovereign Hill, kita bagaikan memasuki masa lalu, tepatnya ke 200an tahun yang lalu. Sovereign Hill merupakan semacam museum di alam terbuka berbentuk sebuah kota kecil di atas bukit yang dibangun untuk menggambarkan suasana 10 tahun pertama sejak ditemukannya emas di kota Ballarat. Atmosfirnya yang dirasakan dangat pertama melangkah ke dalamnya adalah mirip sekali dengan ceritacerita film koboi ala Amerika.
Suasana yang dibangun di dalam Sovereign Hill, yang terdiri dari sekitar 60 bangunan tua, sangatlah total, dimana seluruh petugasnya menggunakan atribut masa abad ke- 18 dan juga makanan dan souvenir yang dijual juga kental dengan suasana oldies. Setiap sore juga diadakan barisan barikade tentara Inggris jaman dulu untuk semakin menegaskan suasananya.
Tempat wisata yang dibuka pada tahun 1970 ini dibangun diatas tanah seluas 20 hektar. Sovereign Hill menawarkan banyak atraksi menarik di dalamnya, mulai dari foto dengan baju kuno abad ke-18, tur mendulang emas, pertunjukan mencetak emas, hingga tur ke bawah tanah dimana sejumlah bekas tambang emas masih dipertahankan untuk dipertunjukkan ke pengunjung.
Atraksi yang paling menarik di Sovereign Hill adalah gold mine tour, dimana kita dibawa ke tambang emas tua di bawah tanah. Pertama-tama kita dibawa menaikii kereta tua untuk turun 20 meter ke bawah tanah dan berjalan menyusuri tambang emas tua dengan pemandu yang berdandan ala gadis penambang. Uniknya, di dalam tambang, dapat dilihat bahwa ternyata penggalian tidak hanya terdilakukna secara professional oleh perusahaan tambang, tapi juga sebelumnya oleh keluarga yang tinggal di sekitarnya dengan menggunakan alat seadanya.

Gold Museum
Selain Sovereign Hill, tempat wisata lain yang menarik di Ballarat adalah Gold Museum yang terletak tepat di seberang lokasi Sovereign Hill. Gedung Gold Museum berbentuk kotak dengan jendela besar di sekelilingnya. Oleh karena letaknya di atas bukit, sehingga dari jendelanya dapat terlihat pemandangan kota Ballarat yang cantik dari atas.
Di dalam Gold Museum, dijelaskan lebih dalam mengenai sejarah kota Ballarat, terutama pada masa Gold Rush dan saat pembangunan Sovereign Hill. Benda-benda seperti pakaian dan foto-foto yang dipajang di dalam museum menggambarkan sejarah penambangan dan militer pada masa-masa awal migrasi orang Inggris dan Eropa ke Australia. Selain itu, di dalam museum tersebut juga dijual berbagai pajangan dan perhiasan emas yang terbuat dari emas asli buatan Australia.



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP

Cari Artikel

Halaman Facebook