Rabu, 28 Oktober 2020
   
Ukuran Teks

Wisata Sehari di Maputo, Kota Tua Berarsitektur Mediterania

Jalan Jalan Maputo 1

Wisata Sehari di Maputo, Kota Tua Berarsitektur Mediterania

Kota Maputo, ibukota Mozambik merupakan kota pantai yang terletak di bagian selatan Mozambik. Kesan pertama ketika tiba di kota ini kental dengan sejarah. Ada banyak bangunan tua berdesain arsitektur Mediterania yang tersebar di berbagai sudut kota. Jika Anda menggemari arsitektur klasik Eropa, tidak salah kalau memilih untuk jalan-jalan ke kota di negara berbahasa Portugis ini.

Ada banyak spot menarik untuk dikunjungi sekaligus menjadi tempat berfoto. Pertama, Independence Square yang terdiri dari bundaran, yang di tengahnya berdiri patung Samora Machel setinggi 9 meter, Presiden pertama Mozambik.

Di sisi utara, terdapat Maputo City Hall yang juga merupakan salah satu ikon kota ini. Tak jauh dari situ, terdapat taman kota yang asri bernama Jardim Tunduru atau Tunduru Gardens. Bagi para pecinta flora, di sini dapat ditemui berbagai jenis bunga dan pohon khas Afrika, termasuk pohon jacaranda yang pada saat berbunga menghasilkan bunga berwarna ungu yang menyelimuti seluruh pohon.

Satu lokasi bersejarah lainnya yang wajib dikunjungi adalah Estação Central dos Caminhos de Ferro, atau stasiun kereta Maputo. Dalam stasiun tersebut terdapat museum yang menggambarkan sejarah perkeretapian di Mozambik. Informasi dan foto-foto kereta, peralatan industri kereta, bahkan lokomotif antik menjadi bagian dari koleksi museum tersebut.

Berburu Buah Tangan

Setelah puas berjalan-jalan, waktunya berburu oleh-oleh atau buah tangan. Ada banyak street vendor yang menjual oleh-oleh khas Mozambik di dekat lokasi-lokasi wisata kota Maputo.

Seperti halnya di Indonesia, pembeli harus pandai-pandai tawar menawar dengan para pedagang tersebut. Komunikasi agak sulit mengingat mereka berbahasa Portugis, namun untuk berbelanja bisa dilakukan dengan “bahasa kalkulator,” yang sudah terbiasa mereka lakukan kepada tiap turis.

Kalau masih belum puas, datanglah ke Pasar Seni Maputo, yang merupakan pusat suvenir dan kerajinan tangan di kota Maputo. Berbagai macam suvenir dari mulai magnet, asbak, lukisan hingga baju bergambar motif khas Afrika dapat ditemui di sini. Sama halnya dengan pedagang di pinggir jalan, semua harga dapat ditawar.

Apabila ingin membeli oleh-oleh berupa makanan dari Mozambik, negara ini dikenal sebagai produsen kacang mete. Salah satu tempat untuk bisa mendapatkannya adalah di Maputo Municipal Market. Pasar tradisonal ini bersih dan nyaman untuk didatangi turis. Selain pasar, juga mal modern, yakni Baia Mall.

Lelah mengunjungi lokasi-lokasi wisata atau berbelanja suvenir, saatnya mencoba minum air kelapa langsung dari batoknya di pinggir pantai kota Maputo. Untuk satu kelapa, pedagang yang berjualan dengan gerobak menjualnya dengan harga sekitar 25-30 Metical atau hanya sekitar Rp.5000 – Rp. 7.000. Semua destinasi ini bisa dilakukan dalam satu hari loh, jadi selamat menikmati wisata di Maputo.

Aulia Rinaldi Ahza



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP

Cari Artikel

Halaman Facebook