Minggu, 27 September 2020
   
Ukuran Teks

Peningkatan Kerja Sama dengan Provinsi Songkhla

 

Indonesia membuka jaringan luas untuk meningkatkan produk halal dan pemasarannya di kancah internasional. Salah satu upayanya adalah bekerja sama dengan Thailand, salah satu negara yang berada di sepuluh besar sebagai pelaku industri halal dunia.

Thailand mempunyai pusat penelitian halal (Halal Science Center) yang terdapat di Universitas Chulalongkorn Bangkok, yang diketuai oleh Prof. Dr. Winai Dahlan, seorang keturunan Jawa Indonesia. Meskipun penduduk Muslim Thailand hanya 7% dari total penduduk 69 juta jiwa, namun Halal Science Center mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Thailand dalam mengembangkan industri halal.


Maka tidak mengherankan, jika di Thailand terdapat berbagai kegiatan tahunan yang mempertemukan produsen industri halal dengan masyarakat domestik maupun masyarakat Internasional. Di antara kegiatan tersebut adalah World Halal Product Expo (HAPEX) dan Melayu Day yang terakhir diadakan pada 25 - 28 Juli 2019 di Hat Yoi, Provinsi Songkla, Thailand Selatan.

World Hapex adalah kegiatan yang di dalamnya diisi dengan pameran, seminar, pertemuan bisnis, serta demonstrasi ahli masak Thailand. Berkolaborasi dengan Konsulat RI di Songkhla, Kementerian Luar Negeri memanfaatkan HAPEX dan Melayu Day untuk diplomasi ekonomi meliputi bidang pendidikan, kebudayaan, ekonomi dan pariwisata.

Kegiatan yang telah berlangsung 9 tahun ini, secara resmi dibuka oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Thailand, Anong Paijitprapakorn serta Direktur Halal Institute dari Prince of Songkhla University, Dr. Tawat Noiporn. Konsul RI beserta Delegasi RI yang terdiri dari Direktur Asia Tenggara dan Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika telah hadir sebagai tamu kehormatan pada pembukaan HAPEX 2019.

Pada kesempatan tersebut, Konsul RI Songkhla, Fachry Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan konektivitas kedua negara melalui people-to-people contact, terutama dari sektor pariwisata. Dengan begitu, sektor pariwisata menjadi salah satu fokus utama bagi Konsulat RI Songkhla dalam upayanya meningkatkan wisatawan asal Thailand ke Indonesia.

Terkait hal itu, para pengusaha agen perjalanan asal Indonesia melakukan pertemuan bisnis bersama sekitar 6 tour operator yang beroperasi di Hatyai dan Songkhla. Pengusaha Songkhla berharap agar konektivitas antara Songkhla dengan destinasi wisata potensial Indonesia dapat dibangun. Misalnya dengan membuat jalur penerbangan langsung dari Songkhla ke Medan dan Bandung. Juga hadir perusahaan asal Indonesia lain yang bergerak di bidang kosmetik, makanan dan minuman, busana muslim, serta pakaian tradisional Indonesia kebaya dan batik. Mereka juga melakukan pertemuan bisnis dengan pengusaha setempat.

Selain melakukan pertemuan bisnis dan menghadiri HAPEX 2019, Delegasi RI juga berkesempatan bertemu dengan 12 orang mahasiswa RI yang sedang menempuh pendidikan di Prince Songkhla University of Thailand (PSU). Di antara 12 orang tersebut, 2 orang merupakan mahasiswa studi S3. Para mahasiswa ini memiliki potensi kuat untuk berkolaborasi dengan sektor industri karena mereka tengah menempuh pendidikan pada program studi teknologi pangan, polymer science, kimia terapan, biomedicine serta bioteknologi.

Lebih lanjut, Gubernur Provinsi Songkhla, Weranan Pengiun, menyambut baik kerja sama di antara pengusaha kedua negara. Ia mengusulkan membentuk kelompok kerja yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Provinsi Songkhla, akademisi, sektor swasta, dan KRI Songkhla.

Ke depan, pihak Indonesia akan mengundang Weranan serta para pelaku usaha di Songkhla untuk berpartisipasi pada sejumlah forum seperti Trade Expo Indonesia, Inacraft, dan International Coffee Day di Bengkulu. Weranan pun menyampaikan kesiapannya untuk mengundang Pemda Sumatra Utara ke Songkhla dalam rangka mendorong penguatan kerja sama ekonomi dan sosial budaya antara Songkhla dengan beberapa Provinsi Indonesia di Pulau Sumatra.

 



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP