Minggu, 27 September 2020
   
Ukuran Teks

Upaya KBRI Suva Mendorong Perusahaan Indonesia Masuk Ke Kawasan Pasifik Selatan

 

Kementerian Luar Negeri memberikan komitmennya dalam mendukung pembukaan pasar baru non tradisional. Kali ini, melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Suva di Fiji, produk dan jasa dari Tanah Air masuk ke negara-negara Pasifik Selatan.

Apa yang dilakukan Kemlu untuk menggali kerja sama prospektif dan membangun kemitraan ekonomi di kawasan guna mempererat diplomasi ekonomi. Selain untuk kepentingan nasional, perluasan pasar di Kawasan Pasifik juga berguna untuk membantu menciptakan Kawasan yang sejahtera.

Apalagi sekitar 2 tahun lalu Fiji tengah dilanda bencana. Pada Februari 2016, banyak infrastruktur di Fiji hancur karena dihantam Topan Winston. Badai kategori lima dengan kecepatan angin lebih dari 320 km per jam itu, mengakibatkan banyak korban jiwa dan membuat ekonomi melambat.

KBRI Suva melakukan laporan harian dan market intelligence dalam mengidentifikasi sektor dimana kita bisa turut membantu. Hasilnya, Fiji sangat membutuhkan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan. Maka Pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan sektor privat untuk bertindak dalam memberikan bantuan dan dukungan terhadap Fiji.

Pada 30 – 31 Maret 2016, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan beserta rombongan delegasi RI melakukan kunjungan ke Suva, Fiji untuk menyerahkan bantuan senilai US$ 5 juta kepada PM Fiji, J.V. Bainimarama. Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan kembali kompleks Queen Victoria School, yang hancur karena Topan Winston.

Proses pembangunan dilakukan oleh PT Audie Building. Perusahaan asal Indonesia yang dipimpin oleh Ozie Moechlis itu berhasil menyelesaikan rekonstruksi Queens Victoria School pada Agustus 2016. Inilah proyek pertama Audie Building di Kawasan. Untuk memastikan keberlanjutan bisnis, didirikanlah Audie Pacific Engineering (APE) di Fiji, yang bergerak di bidang manufaktur dan eksportir.

Bersama KBRI Suva, APE memperkenalkan produk konstruksi unggulan Indonesia tidak hanya ke Fiji, tetapi juga merambah Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. Alhasil, APE berhasil memenangkan sejumlah proyek di Fiji, antara lain Lords Apartment tahun 2015 dan Ken McDonald Resort tahun 2017. Kemudian, mendapat kontrak pembangunan stadion di Kiribati. Proyek senilai Rp123 miliar itu telah selesai tahun 2019.

Kepada AKSES, PT Audie mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah realisasi arahan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet terbatas tanggal 4 Mei 2018. Saat itu, Presiden menegaskan bahwa Indonesia harus meningkatkan hubungan dengan negara-negara kepulauan di Pasifik. Inilah hasil kerja sama antara swasta dan Pemerintah Indonesia yang mendukung penetrasi pasar nontradisional di kawasan Pasifik.

Ia menyadari tidak mudah masuk ke Kawasan Pasifik. Faktor isolasi geografis, perubahan iklim dan lingkungan, hingga kurangnya sumber daya serta konektivitas menjadi tantangan tersendiri. Dengan keberhasilan APE ini dapat menjadi batu loncatan untuk diplomasi ekonomi Indonesia serta sebagai sarana untuk mendorong para pelaku bisnis agar mulai berinvestasi di Kawasan Pasifik.

Ke depan, Indonesia mengajak Fiji untuk berkolaborasi dalam Pacific Fair yang direncanakan untuk diselenggarakan di Suva, Fiji pada tahun 2021. KBRI Suva bersama dengan Kedutaan Besar Fiji di Jakarta menjadi co-organizer atas acara tersebut. Pacific Fair juga turut didukung oleh APE beserta beberapa perusahaan Indonesia yang berminat mengembangkan bisnis ke pasar prospektif di kawasan Pasifik.

Pacific Fair 2021 merupakan kelanjutan dari Pacific Exposition 2019 yang diselenggarakan di Auckland, Selandia Baru. Kegiatan ini menjadi aksi nyata Pemerintah Indonesia dalam menjembatani hubungan bisnis antara Indonesia dan negara-negara Pasifik.

Kita berharap, setelah Preferential Trade Agreement (PTA) ditandatangani dengan Pemerintah Fiji, maka perusahaan-perusahaan Indonesia mendapatkan AKSES yang lebih mudah untuk mengembangkan bisnisnya di Fiji dan negara-negara Pasifik lainnya.

 



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP