Rabu, 28 Oktober 2020
   
Ukuran Teks

Jalan-jalan

Taman Elok di Selatan Afrika

Suhu udara di Windhoek berkisar 23º C ketika tim Akses tiba di Bandara Internasional Hosea Kutako, Desember lalu. Padahal, matahari sedang berada di belahan selatan bumi, dan Namibia tengah melalui musim panasnya. Namibia yang terletak di bagian ujung selatan benua Afrika, memang berada di dataran tinggi yang umumnya berhawa sejuk sepanjang tahun.

Bagi yang belum mengenal Namibia, negeri ini cenderung diidentikkan dengan daerah yang panas, gersang, bahkan kotor dan kumuh. Lalu, bagaimana keadaan aslinya? Untukmengetahuinya, tim Akses berkunjung ke Namibia yang justru dinobatkan di urutan ke-6 dari daftar “52 Places to Go in 2014” menurut The New York Times.

Pelesiran di Swakopmund
Swakopmund terletak di pantai barat laut Namibia yang berjarak sekitar 280 km dari Windhoek. Kota cantik ini terkenal sebagai tempat untuk berlibur bagi para turis lokal maupun mancanegara. Di sini, turis dapat menikmati waktu santai dengan berjemur di pantai, memancing, atau melakukan olahraga air seperti berselancar dan parasailing. Pengunjung juga dapat bertemu dengansuku Himba yang menjajakan hasil kerajinan tangannya di sekitar pesisir pantai.

Mayoritas penduduk kota Swakopmund adalah keturunan Jerman yang tinggal secara turun menurun. Hal ini berpengaruh terhadap suasana kota yang sangat mirip dengan sebuah kota kecil di Jerman. Arsitektur bangunan di kota ini didominasi oleh bangunan khas Eropa era kolonial. Bahkan nama jalan, menu makanan dan bahasa yang umum digunakan di Swakopmund adalah bahasa Jerman.

Dua tempat yang patut dikunjungi di Swakopmund adalah Museum Swakopmund dan Kristall Galerie. Di Kristall Galerie, pengunjung dapat melihat koleksi kristal dan bebatuan cantik dari seluruh Namibia sambil melihat proses pembuatan perhiasan dari kristal. Koleksi kristal yang palingterkenal di sini adalah kristal kuarsa terbesar di dunia dengan berat 14.100 kg.

Selain pantai, Swakopmund memiliki hamparan semi padang pasir yang luas. Di perbatasan Swakopmund dan Walvis Bay terdapat salah satu bukit padang pasir tertinggi di dunia, yaitu Dune 7 dengan tinggi 383 meter. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dengan berjalan naik ke puncaknya. Selain itu, pengunjung dapat mencoba olahraga yang memacu adrenalin seperti squad biking dan sand boarding.




Safari di Alam Bebas
Afrika identik dengan kehidupan satwa liar. Karena itu, berkunjung ke Namibia tak lengkap rasanya jika tidak mencoba safari di alam bebas. Anda yang gemar dengan petualangan alam, dapat menikmati konservasi alam dan landscape Namibia yang beragam seperti bukit pasir, semi padang pasir, tebing tinggi dan padang rumput yang luas.

Tak jauh dari kota Windhoek ada Okapuka Ranch, kawasan alam terbuka dengan fasilitas game drive, horse riding safari, penginapan dan restoran. Namun, jika anda ingin menikmati alam liar yang susungguhnya, anda bisa datang ke daerah wisata safari favorit di Namibia seperti Etosha, Damaraland, Sossusvlei dan Skeleton Coast. Di tempat-tempat tersebut terdapat sejumlah penginapan yang menyediakan berbagai jenis safari mulai dari walking safari, driving safari/ game drive, horse riding safari hingga balloon safari. Beberapa tempat wisata juga menyediakan fasilitas berburu.

Safari yang paling umum di Namibia adalah game drive. Pengunjung akan diajak menikmati alam dengan pemandangan indah sekaligus merasakan sensasi melihat langsung bermacam-macam satwa liar khas Afrika yang berkeliaran bebas dengan mengendarai Land Rover yang dipandu oleh seorang ranger. Bahkan, jika sedang beruntung, pengunjung juga dapat bertemu dengan satwa buas seperti singa, buaya hingga hyena. Tentu akan menjadi pengalaman yang menegangkan saat ranger tiba-tiba menghentikan Land Rover dan meminta pengunjung agar tetap tenang dan tidak bergerak saat ada hyena bergerak mendekat.

Kuliner Unik
Penduduk Namibia dan Afrika secara keseluruhan merupakan pemakan segala jenis daging di berbagai kesempatan. Di sini, daging tidak hanya tersaji sebagai menu utama, melainkan juga sebagai camilan. Cobalah biltong, camilan gurih dan renyah khas Afrika yang terbuat dari daging sapi mentah yang diasap dan dikeringkan.

Daging sapi Namibia dengan teksturnya yang lembut terkenal sebagai salah satu daging sapi terbaik di dunia. Jadi, jika anda berkunjung ke Namibia, sempatkanlah mencoba beef steak dengan saus tradisional Namibia. Jangan kaget, di Namibia steak yang umum disajikan di restoran porsinya sangat besar. Satu potong steak biasanya berukuran 300-500 gram. Tapi, jangan khawatir, restoran biasanya menyediakan porsi wanita dan anak-anak. Pengunjung pria tidak boleh memesan porsi wanita dan pengunjung dewasa tidak boleh memesan porsi anak-anak.

Bagi anda yang ingin mencoba kuliner ekstrim, beberapa tempat seperti Joe’s Beer House menyajikan menu spesial seperti steak buaya, springbok dan oryx. Selain menu spesial, tempat berkumpul yang memiliki konsep bar dan restoran ini juga memiliki rancang bangunan yang eksentrik. Memasuki Joe’s Beer House, anda akan disambut dengan sebuah mobil antik yang sengaja ‘diparkir’ di atap gerbang. Di bagian dalam restoran, dipajang berbagai benda tak biasa seperti sepeda antik, kereta kuda kuno, hingga jerapah dan baboon yang diawetkan! Citra rasa makanan yang lezat dan suasana yang tak biasa membuat Joe’s Beer House selalu ramai dipadati pengunjung. Ditambah lagi, harga yang dipatok untuk seporsi makanan seperti steak juga masih tergolong ramah di kantong.

Jika anda tidak dapat mengkonsumsi daging, Namibia juga terkenal dengan aneka olahan seafood yang tak kalah lezatnya. Salah satu menu seafood yang mudah ditemukan di Namibia adalah grilled king flip yang disajikan dengan beragam pilihan saus.

Tak terasa, perjalanan tim Akses di Namibia berakhir sudah. Perjalanan kali ini telah meninggalkan kesan luar biasa mengenai benua Afrika yang sesungguhnya. Namibia membuktikan bahwa Afrika bukanlah benua hitam yang kotor, panas dan gersang. Jika anda penasaran, silakan datang dan nikmati semua daya tarik alam dan keramahan penduduknya



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP
   

Halaman 2 dari 7

Cari Artikel

Halaman Facebook